promo

02 June 2007

Coba baca Deh Postingan Aulia, "RASA NYERI YG SANGAT HEBAT BISA JADI PENYEBAB SULIT HAMIL.



Katanya Endometriosis ( RASA NYERI YG SANGAT HEBAT PADA WAKTU HAID terjadi akibat tumbuhnya selaput lendir rahim (endometrium) di luar rahim. ) adalah Penyebab Sulit Hamil?

Banyak perempuan mengganggap nyeri haid sebagai hal yang biasa, mereka beranggapan 1-2 hari sakitnya akan hilang. Padahal nyeri haid hebat bisa menjadi tanda gejala endometriosis yang bisa mengakibatkan sulitnya punya keturunan alias punya anak.

Faktanya rata-rata menstruasi menyebabkan rasa sakit, Walau kadarnya beda-beda. diperkirakan sekitar 75 persen perempuan mengalami masalah saat haid, termasuk di antaranya nyeri perut atau kram perut.

Nyeri haid yang perlu diwaspadai sebagai endometriosis adalah rasa nyeri yang sangat hebat dan tidak membaik meski sudah mengkonsumsi obat penghilang nyeri haid.

Endometriosis merupakan penyakit yang terjadi akibat tumbuhnya selaput lendir rahim (endometrium) di luar rahim.

Menurut dr Andon Hestiantoro, SpOG(K), sekretaris koordinator penelitian, pengembangan dan pelatihan bagian Obgin FKUI - RSCM
"penyebab endometriosis adalah darah haid yang tumpah dan masuk ke rongga perut, melekat lalu tumbuh menjadi kista"


" Selain ke rongga perut, endometriosis juga bisa terjadi pada saluran indung telur atau di dalam rahim, yang disebut juga dengan benjolan adenomiosis. Endometriosis bisa berbentuk benjolan sebesar kacang hijau atau hanya bercak saja "


Dan jika endometriosis berada di luar rahim, maka darah haid tidak dapat keluar. Akibatnya jumlahnya bertambah banyak, menimbulkan kista, parut, hingga perlengketan dengan organ-organ di sekitar rahim.

nyeri haid merupakan ciri khas dari adanya endometriosis, namun gejala lain yang perlu diperhatikan adalah adanya pendarahan atau bercak di luar siklus haid"



Para ahli menggolongkan endometriosis sebagai salah satu jenis kista yang tidak ganas dan bukan merupakan tumor sejati. Meski tidak berbahaya, namun endometriosis bersifat kambuhan dan bisa menganggu kesuburan.

upaya preventif perlu dilakukan untuk mengurangi kelanjutan dari penyakit ini.

"Begitu mengalami nyeri haid yang perlu diatasi dengan minum obat, sebaiknya segera memeriksakan diri. Memang bisa merupakan nyeri haid primer atau normal. Tapi tak ada salahnya periksa, bahkan jika masih gadis atau belum menikah," paparnya.

Pengobatan yang diberikan oleh dokter tergantung pada jenis endometriosis.

"Jika sudah berupa kista maka harus dilakukan operasi pengangkatan, sedangkan jika berupa bercak maka cukup dilakukan terapi hormon," katanya.

Pemberian hormon lain berupa pil kontrasepsi sering diberikan pada gadis remaja yang belum berencana untuk punya anak. Cara ini selain menghilangkan keluhan nyeri haid juga untuk mencegah endometriosis berkembang lebih berat. sumber Aulia dari:www.bkkbn.go.id

3 comments:

Arya Kusuma said...

uda aq link back tuh Om. shoutboxnya lg error, aq kasitaunya lewat komment. gpp yah...

RiNaBecKs said...

postingan yang bermanfaat ni, maunya naro comment di shout box tapi nggak ada ya?
oh iya sudah saya link ya...

agam said...

"Untung cuma wanita"
jadi inget iklannya salah satu produk di TV :)
hehehe..